Dinas Pariwisata Gelar Pemilihan Duta Wisata Sidoli dan Siboru


 

  • Sidoli Juara I Indra S Lumbangaol (Pollung)
  • Siboru Juara I Rima Magdalena (Sijamapolang)

Doloksanggul

Pemkab Humbang Hasundutan melalui Dinas Pariwisata menggelar pemilihan duta wisata Sidoli dan Siboru Tahun 2017 bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul, Kamis (20/7). Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di KabupatenHumbang Hasundutan ini  dalam rangka memeriahkan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan tepatnya 28 Juli 2017 ini. Tapi acara puncak kegiatanakan dilaksanakan, Sabtu 29 Juli 2017 dipusatkan di Tanah Lapang Merdeka Doloksanggul.

Selain perwakilan setiap kecamatan, perlombaan itu dihadiri Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Kajari Humbahas Zaidar Rasepta SH, Kapolres Humbahas AKBP Nicolas SIK, Sekdakab Saul Situmorang SE MSi dan beberapa pimpinan SKPD termasuk para camat.

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora mengatakan Humbang Hasundutan sebagai salah satu kabupaten  yang berada di kawasan Danau Toba tetap berkomitmen membangun potensi wisata.  Dalam rangka mendukung Danau Toba sebagai destinasi prioritas pariwisata nasional dalam rangka mewujudkan Geopark Nasional Kaldera Toba menjadi anggota Unesco Global Geopark (UGG). Potensi wisata dan budaya yang dimiliki dipandang perlu untuk diinformasikan dan dipromosikan melalui berbagai sarana. Untuk menginformasikan dan mempromosikan potensi itu bukan hanya tugas pemerintah semata tapi perludukungan semua pihak termasuk generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Menggali potensi itu, Pemkab Humbang Hasundutan untuk pertama kalinya melaksanakan pemilihan duta wisata Sidoli dan Siboru 2017.

Melalui para duta wisata ini, Wakil Bupati Humbahas berharap generasi muda untuk lebih mengenal, mencintai dan bangga dengan Kabupaten Humbang Hasundutan. Sehingga kedepan dapat membangun Kabupaten Humbang Hasundutan untuk lebih baik lagi. Rasa bangga dan rasa memiliki tentunya perlu diwujudkan  kaum muda untuk mengobarkan semangat sadar wisata. Tidak hanya melalui kegiatan sosial kemasyarakatan tapi hendaknya dapat juga mengajak, memberikan contoh dan tauladan yang baik sebagai salah satu pelaku pembangunan dan sebagai generasi yang mewujudkan harapan bangsa.

Pemilihan duta wisata merupakan salah satu metode promosi kepariwisataan yang strategis karena bersentuhan langsung dengan generasi muda. Duta wisata diharapkan dapat menjadi agen perubahan suatu daerah. Selanjutnya bermanfaat untuk mengarahkan, menjembatani, meningkatkan serta menfokuskan energy generasi muda agar lebih positif, produktif dan inovatif.

Wakil Bupati Humbahas Saut Patlindungan Simamora menambahkan guna mendukung dan meningkatkan pariwisata di Humbang  Hasundutan, Dinas Pariwisata akan mengadakan kegiatan yang telah dilaunching Kementerian Pariwisata RI antara lain Festival Gondang Sabangunan yang dilaksanakan 24 Juli 2017 ini bertempat di Objek Wisata Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan. Festival kopi bertajuk coffee fest toba 2017 tanggal 2-3 Desember 2017 di Objek Wisata Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan. Bukan hanya itu saja, Pemkab Humbahas tuan rumah Festival Danau Toba 2017 yang dilaksanakan 6-9 Desember 2017 di Kecamatan Baktiraja. Kegiatan-kegiatan itu perlu dukungan dan partisipasi seluruh elemen masyarakat.

Kadis Pariwisata Hotma Dina Uli Butabutar ST MT mengatakan kegiatan itu diselenggarakan untuk menjadikan duta wisata Sidoli dan Siboru sebagai mitra Pemkab Humbang Hasundutan guna mempromosikan budaya dan potensi wisata yang ada di wilayah Humbang Hasundutan. Termasuk mengembangkan potensi, kreativitas, kecerdasan para generasi muda di bidang budaya dan pariwisata. Sebelum grand final, telah dilaksanakan pembekalan di Hotel Bukit Tinggi dan di Sipinsur, Rabu (19/7). Penyematan selempang kepada seluruh peserta dilaksanakan di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Kemudian menuju objek wisata Sipinsur yang menjadi tempat untuk foto shoot para peserta yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan. Selain itu dilaksanakan  latihan catwalk bagi para peserta.

Peserta yang mendaftar berasal dari 10 kecamatan sebanyak 28 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Namun yang berhak ikut berkompetisi 20 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Dari berbagai babak penyisihan, akan dipilih sepasang duta wisata Sidoli dan Siboru yang menjadi perwakilan Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka pemilihan duta wisata tingkat provinsi dan nasional.  Juri di datangkan dari Medan yang sudah menguasai bidang pariwisata yaitu Rendi Aprial Lubis, Evita Sari Harahap dan Rijal Ardiman S, SE.

 

Rendi Aprial Lubis sebagai instruktur dan juri menuturkan bahwa untuk penilaian akan ada tiga bagian yaitu bagian pariwisata, kepribadian dan catewalk. “Harapan kedepannya untuk acara pemilihan duta wisata Sidoli dan Siboru Kabupaten Humbang Hasundutan dapat di abadikan dan dimanfaatkan sebagai contoh dan model di Humbahas” ungkap Rendi.  Duta wisata berfungsi sebagai icon kabupaten/kota dan sebagai contoh untuk generasi muda berprestasi dan berbakat.

Dalam lomba itu, duta wisata Sidoli juara I Indra S Lumbangaol (Pollung), juara II Roger H Purba (Doloksanggul) dan juara III Argorby Simanullang (Baktiraja). Siboru, juara I Rima Magdalena (Sijamapolang), juara II Yulianti AD Sitanggang (Doloksanggul) dan juara III Desima Pasaribu (Parlilitan). Sang juara I,IIdan III baik itu Sidoli dan Siboru mendapat tropy.  (rhs/Lamria/KKL/Diskominfo)