DPRDSU Kunker ke Humbang Hasundutan


Komisi D DPRDSU kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Humbang Hasundutan, Rabu (1/11). Kunker wakil rakyat itu diterima Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama pimpinan SKPD antara lain Asisten Pemerintahan Drs Tonny Sihombing, Kadis PUPR Jhonson Pasaribu, Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jamarlin Siregar dan Kabag Protokol Drs Jonny Gultom di ruang kerja Bupati Humbang Hasundutan.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menyerahkan proposal kepada ketua tim Komisi D DPRDSU Donal Lumbanbatu

Sementara rombongan Komisi D DPRDSU itu yaitu Donal Lumbanbatu, Analisman Zalukhu S.Sos, Fahrizal Efendi Nasution, H Burhanuddin Siregar, Jubel Tambunan, M Hidayat, Darmawansyah Sembiring dan Syahmidun Saragih.

Mengawali pertemuan, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengucapkan selamat datang di Humbang Hasundutan yang cuacanya tergolong dingin namun sejuk udaranya. Masyarakat Humbang Hasundutan mayoritas hidup dari sektor pertanian. Untuk memperlancar transportasi hasil pertanian, sangat-sangat dibutuhkan perbaikan jalan agar hasil-hasil pertanian cepat terjual. Sehingga dengan  hadirnya wakil rakyat, Bupati Humbahas meminta perhatian khusus ke Kabupaten Humbang Hasundutan. “Humbang Hasundutan masih butuh perbaikan jalan khususnya di daerah Papatar (Pakkat-Parlilitan-Tarabintang). Jadi mohon kepada anggota DPRDSU Komisi D agar memperhatikan pembangunan di Humbang Hasundutan. Selain perbaikan jalan, irigasi juga sangat penting di Humbang Hasundutan” pinta Bupati Humbahas.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama SKPD foto bersama dengan Komisi D DPRDSU

Bupati Humbahas juga memaparkan dengan hadirnya Bandara Silangit yang tidak begitu lama lagi akan diresmikan sebagai Bandara Internasional, bahwa Humbang Hasundutan salah satu akses jalan menuju bandara.  Humbang Hasundutan berbatasan dengan Tapteng, jadi warga Tapteng bila menuju bandara bisa melalui Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan. Namun kondisi jalan di perbatasan kedua kabupaten itu termasuk rawan dan butuh perbaikan. Bahkan sangat-sangat mendesak diperlebar. Dalam pertemuan itu, Bupati Humbahas juga memberikan proposal kepada DPRDSU diterima Donal Lumbanbatu.

Mendengar paparan itu, Donal Lumbanbatu mengatakan akan memperjuangkan program pembangunan  yang disampaikan Bupati Humbahas. “Usulan pak Bupati akan kami usulkan ke Pemprovsu agar bisa ditampung anggarannya di APBD. Ini sangat butuh perjuangan agar bisa diprogramkan. Seperti halnya ketika kami memperjuangkan jalan di Parsoburan Kabupaten Tobasa, Langkat menuju Tanah Karo, ini kami perjuangkan terus-terus  dan hasilnya bisa dananya ditampung di APBD Provinsi Sumut. Ini tugas kami pak bupati, kami tidak mau berjanji-janji, namun mudah-mudahan jadi kenyataan” tegas Donal Lumbanbatu.

Hal senada juga disampaikan Burhanuddin Siregar, Fahrizal Nasution dan Analisman Zalukhu bahwa kehadirannya di Humbang Hasundutan dalam rangka kunker harus membawa hasil. Harus ada makna dalam pertemuan ini dan menjadi kenang-kenangan bagi masyarakat Humbang Hasundutan. “Kunker ini harus membawa hasil, tapi jangan ke Humbang Hasundutan semua anggaran itu. Kalau ke Humbahas semua, saya juga keberatan tapi anggaran itu harus merata di seluruh pelosok Sumatera Utara. Ini prinsip kita bersama dan saling bahu membahu” ujar Fahrizal Nasution.  (rel/rhs)