Paskah Raya Pemkab Humbahas Berbagi Kasih di Lapas Doloksanggul dan Donor Darah


Dalam rangkaian paskah raya, Pemkab Humbahas berbagi kasih di Lapas (Lembaga Permasyarakan) Doloksanggul dan melaksanakan donor darah di RSUD Doloksanggul Kabupaten Humbahas, Jumat (13/4).

            Kegiatan di Lapas, Pemkab Humbahas yang dihadiri Ketua TP PKK Humbahas Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Pabung 0210/TU Mayor Inf Holden Gultom, Kapolsek Doloksanggul AKP LB Sihombing SH dan lainnya memberikan cendramata berupa baju batik kepada seluruh penghuni warga binaan. Selanjutnya bagi warga binaan yang beragama Kristen mengadakan kebaktian singkat yang dipimpin Pdt Rustam Efendi Pasaribu dan Pdt Polmaria Panjaitan.

Ketua TP PKK Humbahas Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor secara simbolis menyerahkan bingkisan paskah berupa batik kepada warga binaan di Lapas Doloksanggul

Ada hal menarik dalam kebaktian itu, seorang warga binaan Endah Yuli Astuti SE menyampaikan kata-kata  mirip puisi berjudul Portir. Isi selengkapnya sebagai berikut. Mendengar kata portir, membawa kita kembali mengenang peristiwa dimasa lalu. Walaupun kita berasal dari latar belakang yang berbeda tapi yakinlah, bahwa Tuhan masih memberikan penghargaan masa depan yang cerah bagi kita semua dan jangan putus asa. Mari kita tunjukkan pada dunia bahwa Napi bisa berkarya. Portir…. pintu portir pasti terbuka untuk kita semua.

Kepala Lapas Doloksanggul Jhonson Manurung menerangkan bahwa Lapas Doloksanggul sudah berdiri 4 tahun dan saat ini jumlah warga binaan sebanyak 556 orang, 68 orang diantaranya wanita. “Semua penghuni Lapas adalah sahabat dan saudara-saudara kita, mereka orang-orang tersesat dan bukan orang penjahat. Mereka ini saya anggap anak-anak saya, sehingga saya tidak pusing menghadapinya. Mereka tidak pernah berantam, tidak pernah berbuat aneh-aneh” kata Jhonson Manurung. Dijelaskan lagi, warga binaan di Lapas Doloksanggul banyak pindahan dari Medan, Labuhan Deli, Rantau Parapat dan lainnya. Sehingga warga binaan yang masuk ke Lapas Doloksanggul sudah punya skil. Ketika warga binaan sakit, maka pihak Lapas harus membawa berobat. Namun walaupun demikian, Dinas Kesehatan Pemkab Humbahas sekali sebulan hadir di Lapas memberikan pemeriksaan kesehatan. Saat ini ada dua warga binaan sedang pemulihan di salah satu rumah sakit di Medan yaitu penyakit paru-paru dan stroke. Kedua pasien ini difasilitasi BPJS. Kalapas berharap kepada pihak terkait termasuk Pemkab Humbahas agar semua warga binaan mendapat fasilitas BPJS. Kendala yang dihadapi, banyak keluarga binaan yang tidak peduli.  

Ketua TP PKK Humbahas Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Pabung 0210/TU Mayor Inf Holden Gultom, Kadis Kesehatan dr Budiman Simanjuntak, Direktur RSUD Doloksanggul dr Sugito Panjaitan, dr Netty Simanjuntak dan Purnama saat meninjau donor darah di RSUD Doloksanggul dalam rangkaian paskah.

Sementara Ketua TP PKK Humbahas mengatakan bahwa kehadiran Pemkab Humbahas di Lapas sebagai tanda cinta kasih kepada sesama manusia. Sambil meneteskan air mata, Ny Lidia Kristina Panjaitan ST mengatakan bahwa warga binaan adalah orang-orang istimewa. Temukanlah Tuhanmu di Lapas ini, sehingga kelak setelah keluar menjadi orang-orang yang berguna bagi bangsa dan negara. Saat ini Humbang Hasundutan menuju daerah wisata, maka Pemkab Humbahas siap melatih seluruh warga binaan tergantung skil masing-masing dan hasilnya siap ditampung semua. Kemudian semua warga binaan makan bersama.

Usai bakti sosial di Lapas, Ketua TP PKK dan rombongan Pemkab Humbahas menuju RSUD Doloksanggul untuk meninjau donor darah. Donor darah ternyata bukan hanya diikuti para ASN Pemkab Humbahas. Ada dua orang warga Surabaya yaitu Purnama dan Andi Setyawan ikut mendonorkan darahnya termasuk seorang wartawan Olivia Sinambela. Kegiatan donor darah itu dipandu Kadis Kesehatan dr Budiman Simanjuntak dan Direktur RSUD Doloksanggul dr Sugito Panjaitan. (REL/Rukmunal H Siregar/Protokol)